Komunikasi Visual, Why Not?

Ditulis oleh Wisda Mulyasari (2511204201)_Mahasiswa Pascasarjana Teknik industri – ITS

Konsep Komunikasi VisualSetujukah anda bahwa hal-hal yang memiliki warna dan bentuk mempengaruhi memori kita dalam mengingat dan menerima informasi seperti halnya anda langsung mengetahui arti sebuah gambar atau simbol dengan hanya melihatnya? dan apakah benar bahwa sebuah disain sangat mempengaruhi dalam komunikasi visual? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak tulisan dibawah ini..

Seiring dengan perkembangan dan popularitas dalam menggunakan komputer menyebabkan banyak penelitian mengenai interaksi manusia-komputer ke arah yang lebif nyaman, intelek, berorientasi manusia, efektif dan efesien. Rushan Yan melalui penelitiannya tahun 2011 menyatakan bahwa membangun disain komunikasi visual sangatlah penting dalam interaksi manusia-komputer atau lebih dikenal dengan Human Computer Interface (HCI). Hal ini dikarenakan disain interface merupakan kunci dalam interaksi manusia-komputer.

So, bagaimanakah membangun disain komunikasi visual ?

Berikut ini akan dijelaskan hal- hal yang harus diperhatikan dalam membangun disain komunikasi visual dalam HCI.

Klasifikasi dan Informasi komunikasi visual dalam HCI

1. Informasi dari jenis gambar
Jenis gambar dan warna harus dapat mengekspresikan tujuan dan informasi secara tepat, cepat dan efektif

2. Informasi dari jenis tulisan
Isi dari informasi tulisan harus dapat mengekspresikan informasi secara rasional dan akurat

3. Informasi dari jenis campuran
Penggunaan gambar dan tulisan sangat baik dalam mengekspresikan informasi, mudah dikenali sangat membantu dalam membangun informasi

4. Informasi jenis kartun
Selain tiga hal diatas, terdapat juga jenis ekspresi informasi yang disampaikan melalui gambar kartun dan video. Namun tidak cocok digunakan dalam skala besar dikarenakan kondisi informasi yang dinamis sehingga menyebabkan seseorang tidak fokus.

Metode disain komunikasi visual dalam HCI

1. Metode disain dalam format interface
Format yang disediakan terhadap pengguna harus memiliki struktur yang singkat dan jelas untuk meningkatkan efesiensi penyampaian informasi dan memberi petunjuk seperti office software, antivirus software dan lainnya

Picture3

Gambar 1. Disain icon microsoft office

2. Metode disain warna interface
Warna erat kaitannya dengan emosi, sehingga warna harus dapat mengekspresikan emosi yang dipilih seperti bantuan, peringatan dan saran

  Picture4Picture5

Gambar 2. Disain warna pada simbol mengekspresikan emosi

3. Metode disain navigasi interface
Navigasi yang tepat dan akurat merupakan fungsi inti dari HCI seperi navigasi “search” dalam mencari informasi tertentu di dalam informasi skala besar

4. Disain interface simbol grafik
Simbol grafik erat kaitannya dengan sosial budaya, sejarah dan pengalaman hidup. Sehingga dengan menggunakan simbol grafik tertentu dapat menyampaikan informasi secara cepat dan tepat.

Prinsip-prinsip disain komunikasi visual dalam HCI

  1. Fokus kepada pengguna. Pengguna baru dapat mengenali, mempelajari dan beradaptasi dengan mudah
  2. Dapat dikenali dengan mudah
  3. Dari komunikasi informasi terhadap komunikasi emosi. Dalam komunikasi visual, sebuah disain dapat mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui emosi.
  4. Pengalaman visual yang menyegarkan. Masyarakat sangat senang akan keindahan sehingga disain HCI dapat menonjolkan keindahan dan keeleganan

Setelah mengetahui hal – hal tersebut diatas, anda pasti setuju bahwa memang benar disain sangat mempengaruhi komunikasi visual. Sehingga disainer disain interface harus benar-benar memperhatikan point-point tersebut diatas dalam membangun disain komunikasi visual.

Referensi :

Rushan Yan. China. 2011. The Research of Human-Computer Interface Design based on Vision Communication. Advanced in Control Engineering and Information Science. Procedia Engineering 15 (2011) 3114 – 3118.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s