Tinjauan Ergonomi pada Toilet Lansia

Ditulis oleh Retno Widyaningrum (2509100010)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

toiletTidak dapat dipungkiri bahwa semua orang akan mengalami masa tua atau biasa disebut lansia. Berdasarkan data deputi menkokesra menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang memasuki era penduduk berstruktur lanjut usia karena jumlah penduduk yang berusia 60 tahun ke atas sekitar 7,18%. Sehingga dengan bertambahnya jumlah penduduk lansia juga memicu adanya pelayanan fasilitas pada penduduk lansia.

Fasilitas yang digunakan oleh lansia sebaiknya didesain secara khusus dengan menerapkan aplikasi ergonomi yang menggunakan pendekatan anthropometri tubuh dan fisiologi fisik lansia karena kecendrungan kondisi fisik lansia akan semakin menurun seperti kekuatan tulang dan juga otot. Hal ini menyebabkan lansia susah dalam menopang tubuhnya saat akan bergerak ataupun bangkit dari duduknya.

 Salah satu fasilitas yang setiap hari digunakan oleh lansia baik di rumah dan tempat umum adalah toilet. Sebagian besar lansia akan merasakan kesulitan saat akan bangkit dari toilet dan berjalan meninggalkan toilet. Hal ini dikarenakan lemahnya otot-otot pada kaki yang menyebabkan lansia susah berdiri dan berjalan. Keadaan ini juga mampu menyebabkan bahaya bagi lansia saat tidak menemukan tumpuan yang sesuai untuk berdiri sehingga akan terpeleset karena adanya air di kamar mandi.

Bahaya tersebut sebaiknya dapat dihindari dengan melakukan perancangan toilet yang sesuai dengan kebutuhan lansia dan mempertimbangan sisi anthropometri dan fisiologis fisik manusia. Perancangan toilet bagi manula telah dilakukan oleh Muchamad Fauzi dan Oktri Mohammad Firdaus yang menggunakan pendekatan prinsip anthropometri dan kebutuhan individu bagi manula. Berikut ini rancangan usulan desain toilet untuk manula : 2509100010_Aplikasi Ergonomi Pada Toilet Untuk Lansia

Gambar 1. Desain Usulan Toilet untuk Manula
source : Desain Muh. Fauzi & Muh. Oktri Firdaus

Pada perancangan desain usulan toilet untuk manula pegangan tangan disesuaikan dengan data handthropometry pada lansia. Selain itu pada tutup toilet memiliki dua fungsi yaitu selain sebagai penutup saat tidak digunakan dan dapat sebagai sandaran punggung bagi lansia sehingga lansia dapat merasa nyaman saat menggunakan toilet.

2509100010_Aplikasi Ergonomi Pada Toilet Untuk LansiaPentingnya perancangan toilet bagi manula dipahami oleh banyak pihak demi keamanan lansia agar tidak tergelincir di kamar mandi. Sebuah produsen produk untuk lansia yaitu Clare Abshan memproduksi toilet khusus untuk lansia yang memiliki pegangan sebagai tumpuan saat lansia akan berdiri.

Produk ini merupakan produk ergonomis karena didesain dengan mempertimbangkan kenyamanan penggunanya. Kemudahan penggunaan juga terlihat dari kelengkungan sudut pada pegangan sehingga dapat mengurangi bahaya terbentur sudut tajam dari lengkungan pegangan toilet.

Gambar 2. Toilet untuk Lansia
source : www.carepathways.com

Referensi :

Absher, Clare.2012. Clamp on Raised Toilet Seat. http://www.carepathways.com/estore-cat-Bath.cfm?Title=Clamp-on%20Raised%20Toilet%20Seat. 23 Oktober 2012 at 5.56

Absher, Clare.2012.Toilet Safety Frame by Rubbermaid. http://www.carepathways.com/estore-cat-Bath.cfm?Title=Toilet%20Safety%20Frame%20by%20Rubbermaid. 23 Oktober 2012 at 5.58

Anonim.2005. Lansia Masa Kini dan Mendatang. http://oldkesra.menkokesra.go.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=2933. 23 Oktober 2012 pukul 7.48

Fauzi, Muhammad dan Firdaus, Oktri Muhammad. Analisis Desain Toilet Penyandang Cacat dan Manula pada Pusat Perbelanjaan di Kota Bandung.Universitas Widyatama Bandung.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s