Kepopuleran Tablet dan Nilai Ergonomisnya

Ditulis oleh Rizky Yuna Susiawan (2509100032)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

2509100032_Kepopuleran Tablet VS Nilai Ergonomisnya

Saat ini, berbagai perangkat teknologi berjenis tablet seperti Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, dan Amazon Kindle Firesudah menjadi hal yang biasa di tengah aktivitas kehidupan masyarakat dunia. Namun, keberadaan produk-produk tablet ini ternyata memiliki dampak negatif jika dilihat dari sisi ergonomisnya pada kesehatan pengguna tablet. Oleh karena itu, Para peneliti mulai melakukan penelitian mengenai dampak dari sisi ergonomis sebuah tablet yang telah banyak menjadi trend dari banyak orang.

Beberapa contoh dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan sebuah tablet salah satunya adalah munculnya penyakit Carpal Tunnel Syndrome, yaitu suatu kondisi medis di mana saraf median dikompresi di pergelangan tangan yang menyebabkan parestesia, mati rasa dan kelemahan otot di tangan. Gejalan bangun di malam hari merupakan karakteristik dari carpal tunnel syndromeini.Syndrome ini diperkirakan muncul karena ada pengaruh dari aktivitas menggenggam yang dilakukan manusia. Salah satunya adalah saat para pengguna tablet menggenggam produk canggih tersebut.

Berdasa2509100032_Kepopuleran Tablet VS Nilai Ergonomisnya 2rkan hasil penelitian, cara yang paling umum dilakukan oleh pengguna tablet adalah dengan cara menempatkan tekanan yang lebih besar pada otot leher pengguna jika dibandingkan dengan menggunakan komputer dekstop. Padahal posisi ini dapat dikatakan dapat menimbulkan resiko pada kesehatan tubuh. Beberapa efek negatifnya adalah terjadi pada bagian tubuh kepala, leher, dan bahu manusia yang berada pada posisi yang seharusnya tidak disarankan.

Meskipun demikian, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan bagi para pengguna tablet untuk meminimalisir dampak negatif dari ssisi ergonomis tablet yang ada saat ini, yaitu :

  • Cobalah untuk menjaga postur tubuh bagian atas kita agar tetap dalam posisi normal
  • Jaga posisi leher agar tetap lurus, bahu rileks, dan lengan yang diposisikan dekat sisi tubuh
  • Jika kita menggunakan tablet untuk waktu yang lama, pertimbangkan untuk menyesuaikan tempat duduk atau posisi tablet tepat di bawah bidang pengelihatan kita dengan posisi kepala dan leher yang berada pada sudut yang normal.

Dikutip dari: http://www.digitaltrends.com/mobile/are-tablet-ergonomics-a-pain-in-the-neck/

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s