Ergonomi dan Canting Batik

Ditulis oleh Syamsina Addani N. (2508100139)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

2508100139_Aplikasi Ergonomi pada UMKMSeringkali kita menjumpai kain berpola khas daerah yang disebut kain batik. Pada zaman yang sudah maju dalam segala hal ini, kain batik terlihat lebih menarik. Hal tersebut dikarenakan pencampuran warna batik yang semakin atraktif dan menarik para peminatnya yang bukan hanya para orang tua saja, para muda mudi pun semakin menggemari kain batik tersebut.

Dibalik ke-atraktifan warnanya yang rupawan, terdapat proses produksi yang lumayan rumit. Batik dibagi menjadi 2 proses pewarnaan, yaitu proses pewarnaan dengan menggunakan alat modern dan alat tradisional. Ketika dikaitkan dengan Usaha kecil dan menengah, kebanyakan dari mereka memilih untuk mempertahankan seni pada batik tersebut sehingga mereka menggunakan alat tradisional untuk melukis pola pada batik. Hal tersebut dinilai tidak ergonomis dibandingkan dengan UKM yang menggunakan alat-alat modern.

Alat tradisional yang seringkali digunakan oleh UKM berupa canting, pensil serta alat tulis lainnya untuk melukis pola pada kain batik. Jika dilihat dari lebar dan panjang rata-rata sebuah potongan kain  batik, yaitu 2 meter dikali 1,25-1,5 meter, penggunaan alat modern ini terkesan membutuhkan waktu yang lama dalam penyelesaiannya. Selain itu dengan bentuk alat yang kecil dan hanya bisa digunakan di tangan saja, hal tersebut mengakibatkan banyak terjadi posisi yang tidak ergonomi.

2508100139_Aplikasi Ergonomi pada UMKMSeperti alat canting yang terdapat pada gambar disamping. Alat canting tersebut terdiri dari 3 bagian yang sederhana. Yaitu cucuk yang berada pada bagian ujung depan dari alat canting yang berguna untuk media keluarnya tinta dari alat tersebut sehingga menghasilkan pola yang kecil seperti hasil goresan pada bolpoint. Sedangkan pada bagian tengah terdapat nyamplung yang berfungsi untuk tempat tinta. Sedangkan pada bagian ujung belakang terdapat gagang untuk pegangan pada tangan. Banyak kelemahan pada alat canting tersebut. Beberapa kelemahan yang dapat kita temui berupa daya tampung tinta yang sangat sedikit. Sedangkan pada pegangan untuk tangan yang sangat tidak ergonomis dikarenakan diameter dari gagang tersebut terlalu besar untuk sebuah pegangan dan sangat tidak nyaman untuk dipakai. Dapat dilihat seperti gambar dibawah ini yang menunjukkan pemakaian yang tidak ergonomis tersebut.

Pada era yang semakin maju ini, telah banyak dibuat alat-alat yang semakin mendukung produktivitas manusia dengan melibatkan aspek ergonominya. Untuk menanggulangi beberapa aspek kelemahan dari alat canting tersebut maka dibuatlah alat yang lebih modern yang berupa canting electronic. Canting electronic tersebut mempunyai beberapa kelebihan seperti mempunyai bagian tabung yang memuat isi tinta dari canting tersebut dengan lebih banyak. Sehingga tidak akan tumpah karna berupa tabung. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan canting tradisional yang memuat tinta yang lebih sedikit dan seringkali tumpah karna tidak terdapat tutup (bagian atasnya terbuka). Hal tersebut sedikit berbahaya bagi para seniman canting dikarenakan cairan tinta tersebut mempunyai suhu yang relatif tinggi dikarenakan tinta tersebut terbuat dari lilin yang dipanaskan. selain hal tersebut terdapat keunggulan yang lainnya yang berupa gagang pada canting electronic tersebut berdiameter lebih kecil daripada pada canting tradisional. Sehingga untuk pegangan di tangan dapat lebih mudah seperti memegang alat tulis.

Untuk mendapat info lebih jelasnya tentang canting electronic ini bisa langsung open link di :

http://www.indonesiaberprestasi.web.id/?p=767

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s