Desain Website Perguruan Tinggi dalam tinjauan Interaksi Manusia-Komputer

Ditulis oleh Ahmad Izzuddin Abduh (2509 100 061)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

websiteInteraksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri (Baecker dan Buxton). Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali apalikasi dari IMK yang bias kita temui, salah satu aplikasi yang berhubungan sistem IMK adalah perancangan situs atau website. Yang akan kita bahas kali ini adalah proses perancangan website perguruan tinggi. Dalam melakukan perancangan website tersebut terdapat beberapa hal perlu dipertimbangkan antara lain bagaimana membuat desain antar muka (interface) yang menarik, bagaimana membuat agar website tersebut menjadi nyaman dalam interaksinya serta bagaimana website tersebut mudah untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhn pengguna. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka peranan sistem IMK menjadi hal yang sangat penting dimana tujuannya adalah untuk mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan compute. Beberapa faktor terpenting dari IMK seperti user interface, usability dan user experience perlu dipertimbangkan dalam perancangan suatu website.

User Interface (UI) merupakan suatu sistem yang merupakan bagian terpenting dari setiap program, karena menentukan seberapa mudah program tersebut menberikan respon atau timbal balik dari yang diperintahkan pengguna. Sedangkan tujuan dari UI membuat interaksi yang baik dan menyenangkanUser Interface sendiri selalu dikaitkan dengan tampilan layar, sebab desain yang baik menjadi indikator terpenting untuk membuat pengguna merasa tertarik menggunakan website tersebut.Usability menurut bahasa berarti berguna atau dapat digunakan. Sehingga kaitan Usability dengan IMK adalah suatu sistem yang dapat bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna, sehingga semua kemampuan sistem dapat dapat bermanfaat secara maksimal. Usability memiliki lima komponen yaitu : Learnability : Seberapa mudah bagi pengguna memahami saat pertama kali melihat. Efficiency : Seberapa cepat dapat menyelesaikan perintah (input). Memorability : Saat pengguna menggunakan lagi seberapa ingat (terbisa) terhadap penggunaanya. Errors : Berapa banyak kesalahan yang diperbuat saat menggunakannya. Satisfaction : Seberapa nyaman pengguna dengan antarmuka tersebut. Sedangkan tujuan dari usability pada dasarnya efektif, efisien, aman pada penggunaannya, mudah untuk dipelajari/dipahami, diingat, serta memiliki utilitas yang baik. User Experience pada dasarnya istilah pengalaman pengguna merasakan suatu barang dan jasa yang efektif dan efisien. Dalam kaitannya dengan IMK yaitu bagaimana pengguna merasakan kemudahan dan efisiensi dari sebuah sistem. Indikator dari user experience adalah seberapa cepat pengguna menggunakan dan terbiasa dengan interface.

2509100061_HCI website perguruan tinggiSebagai pembanding saya menggunakan 2 website perguruan tinggi yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Monash University. Pada  Website Monash University sangat terlihat sekali bagaimana desainer website sangat memanjakan para pengunjung websitenya. Dengan adanya beberapa alternatif bahasa membuat website ini akan sangat friendly apabila dikunjungi oleh calon mahasiswa atau mahasiswa Negara lain yang ingin mencari tahu informasi mengenai universitas tersebut. Selain itu tampilan yang diterima pengunjung website juga akan disesuaikan dengan asal social pengunjung yang bersangkutan. Sehingga pengunjung akan dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan asalnya. Berbeda halnya dengan website ITS yang hanya memiliki dua bahasa yaitu Indonesia dan bahasa inggris dimana saat tampilan dirubah ke dalam bahasa inggris akan diperoleh informasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan informasi yang ditampilkan dalam bahasa Indonesia. Hal ini akan mengurangi kemudahan informasi yang diperoleh para pengunjung website dari Negara lain.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Desain Website Perguruan Tinggi dalam tinjauan Interaksi Manusia-Komputer

  1. rizki ade says:

    Saat ini, penggunaan IT sangatlah tinggi salah satu aplikasinya adalah website, sbg tempat utk publikasi/ sharing informasi di dunia maya. Saya sepakat dengan penulis bahwa Desain website juga dapat menarik minat dari pembaca untuk memperoleh informasi dari sana. Beberapa perusahaan/instansi memang sengaja menggarap serius website mereka untuk tujuan tertentu. Dari sekian banyak halaman web yang terpampang di internet ternyata beberapa kurang memperhatikan aspek2 ergonomi sehingga menyebabkan pembaca menjadi cepat lelah membaca atau kesulitan menggunakan fitur didalamnya. Dari arikel ini mungkin bisa bisa dijarbarkan lagi IMK yang dikaitan dengan panca indera manusia. Dan panca indera manusia yang melakukan interaksi langsung dengan komputer maupun web adalah mata. Bisa dikembangkan analisa lagi bagaimana mata ini sangat dipengaruhi oleh kombinasi warna dari tampilan web dan bentuk tipografi dari huruf yang digunakan di web. Dari hal tersebut nanti bisa dicari solusi bagaimana membuat bentuk webiste yang bisa di intepretasiikan/ dipahami seseorang hanya dengan beberapa kejapan mata saja dimana bentuk tulisannya jelas untuk dibaca dan intensitas dari kontrasnya warna yang digunakan tidak membuat mata sakit ketika melihatnya . Selain itu penerapan ergonomi yang lain yang bisa dikembangkan adalah bagaimana membuat tata letak fitur – fitur yang mudah dimengerti maupun dipahami oleh banyak orang sehingga orang bisa cepat memilih fitur tersebut dan tidak sering terjadi error ( salah pilih fitur lain karena tata layout fitur yang jelek).
    Dan saya kira masih banyak hal – hal bisa dikembangkan dan dipelajari dari artikel di atas. Rizki Ade.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s