Tinjauan Ergonomi pada Pakaian Militer

Ditulis oleh Rahadiani Arumsari (2509100017)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

2509100017_Ergonomi Dalam MiliterErgonomi pada dunia militer memang merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dan juga diterapkan agar tugas kerja militer seorang tentara dapat berjalan secara maksimal, namun ergonomi dalam militer ini juga tidak bisa dipaksakan karena adanya keadaaan atau suatu kondisi yang memang harus dipaksakan contohnya yaitu pakaian militer yang dilengkapi atribut-atribut pelengkap yang membuat beban pakaian tentara militer menjadi sangat berat untuk dibawa sehingga terkesan tidak ergonomis, tetapi memang itulah perlengkapan yang harus dibawa oleh seorang militer untuk melindungi diri dan melaksanakan tugasnya.  Permasalahan ergonomi militer pada saat ini juga terlihat pada penggunaan peralatan dan perlengkapan utama yang diimpor dari luar negeri yang pastinya tentu design rancangannya dibuat berdasarkan postur tubuh manusia (prajurit) dari negara pembuat. Oleh sebab itu banyak terjadi ketidakserasian pada tentara militer  dengan peralatan yang dipakainya. Contohnya yaitu pakaian militer dan perlengkapan lainnya. Tetapi pada saat ini Indonesia sudah memproduksi pakaian militer beserta perlengkapan pelengkapnya dan juga telah mengekspor ke negara-negara lainnya.

Pakaian militer tentara Indonesia ini mempunyai desain yang ergonomis dilengkapi dengan helm pelindung kepala serta kacamata dan juga ransel tempur yang menyatu depan belakang badan untuk membawa perlengkapan alat-alat lainnya sehingga beban berat yang dibawa bisa merata serta juga dapat sebagai pelindung diri. Selain itu juga dilengkapin sepatu khusus, sarung tangan, sarung senjata, perlengkapan minum, komunikasi dan decker pelindung lutut kanan dan kiri. Seragam tentara buatan Indonesia ini berkualitas tinggi dan lebih menyatu dengan alam, sehingga memaksimalkan kamuflase pasukan. Motif bercak lorengnya pun lebih halus karena menggunakan pixel/ digital effect. Code dress dan atribut diperbaiki penampilannya mendekati model US Army. Pakaian Militer produksi Indonesia ini sudah menembus pasar eropa dan  banyak negara yang import seragam tentara dari Indonesia. Desain pakaian dan atribut perlengkapan militer yang ergonomis ini sangat membantu tentara militer melaksanakan tugasnya dengan optimal.

 Sumber : Seragam Baru TNI. http://militerindonesiamy.blogspot.com/2012/06/seragam-baru-tni.html. Terakhir dilihat pada 14 Desember 2012.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tinjauan Ergonomi pada Pakaian Militer

  1. Muhammad Rahman Arif_2510100005_Human Reliability A JTI ITS says:

    Artikel ini sudah bisa dikatakan bagus, karena pada pakaian militer Indonesia ini sudah dapat mengurangi human error dan juga dapat meningkatkan human reliability bagi penggunanya, dan semua dirancang untuk menghindari apabila terjadinya human error pada pasukan militer, contohnya saja ada decker dan juga pelindung kepala, untuk melindungi militer apabila terjadi kelalaian dan kecapaian yang menyebabkan sehingga sang militer bisa terlindungi apabila saat mereka terjatuh akibat kecapaian, sehingga bisa terlindungi, yang kedua yaitu tempat untuk membawa barang yang diperlukan yang sudah didesain secara ergonomis dan dibuat senyaman mungkin agar ketahanan dari seorang militer itu sendiri tidak mudah lelah dan tetap bisa fokus dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang militer. Semoga militer Indonesia semakin maju dan jaya.

  2. Edwin Saferian - 2510100006 says:

    dari sepengetahuan saya, kualitas army suite yang dipakai di TNI masih belum mengaplikasikan ilmu ergonomi yang mendalam, karena bila dibandingkan dengan kualitas USMC (US Marine Corp), British Royal Army, ataupun Spetznaz Rusia, baju mereka dibuat dengan desain eksoskeleton (Ada sebuah rangka rangka metal yg membantu menopang) yang memungkinkan tentara mampu mengangkut beban sebanyak lebih dari 60 kilo sehingga memungkinkan pergerakan dan mobilitas yang lebih fleksibel. hal itu dikarenakan dress yg mereka gunakan itu teringegrasi dengan backpack, sehingga beban tersebut menjadi terasa ringan bagi tentara. tapi memang, kalau ditilik dari harganya sangat mahal bila diterapkan ke setiap personil TNI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s