Aplikasi Ergonomi: Alat Pengasap Ikan

Ditulis oleh FXIKA Pradana (2509100035)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

2509100035_Aplikasi Ergonomi pada UMKM

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan badan usaha berskala kecil yang memiliki peran cukup penting dalam perekonomian negara. Jumlah UMKM yang sangat banyak di Indonesia dan sifat bisnisnya yang fleksibel membuat UMKM mampu bertahan ditengah gejolak ekonomi global belakangan ini. Namun dibalik pentingnya peran UMKM bagi Negara, UMKM merupakan usaha yang rapuh dalam menghadapi berbagai permasalahan. Ada beberapa permasalahan utama yang dihadapi UMKM di Indonesia diantaranya rendahnya kualitas SDM, rendahnya produktivitas tenaga kerja, kualitas produk yang dihasilkan relatif rendah, lemahnya struktur permodalan, kurangnya kemampuan untuk mengadopsi teknologi baru, serta kurangnya akses pemasaran ke pasar potensial. Ada berbagai macam strategi yang telah diterapkan untuk mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut salah satunya adalah penerapan ergonomi untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja UMKM. Salah satu contoh penerapan ergonomi dalam UMKM adalah penerapan alat pengasap ikan ergonomis oleh Ir. Eko Nurmianto, M.Eng.Sc. dan alat pengasapan ikan oleh Sri Waluyo M.Si.

Pada salah satu a2509100035_Aplikasi Ergonomi pada UMKM 2rtikel yang dipublikasikan di antaranews.com dituliskan bahwa alat pengasapan ikan telah dikembangkan dengan mempertimbangkan prinsip – prinsip ergonomis sehingga dihasilkan  alat pengasapan ikan yang nyaman, aman bagi kesehatan, dan portable. Selain itu, produk yang dihasilkan dari alat pengasapan ikan tersebutpun memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk dari alat pengasapan ikan konvensional sebelumnya. Di lain tempat, masih dalam topik yang sama, telah dikembangkan juga alat pengasapan ikan karya Sri Waluyo, salah satu dosen di Universitas Lampung. Pada artikel yang dipublikasikan di radarlampung.co.id dikatakan bahwa alat pengasapan ikan inovatif tersebut dapat meningkatkan produktivitas hingga 100%. Alat inovatif tersebutpun juga mengutamakan higienitas proses sehingga kualitas produk yang dihasilkan jauh lebih baik daripada produk dari proses konvensional. Walau kedua alat inovatif tersebut terkesan canggih, kedua pembuat alat menyatakan bahwa harga dari teknologinya masih terjangkau dan sebanding dengan produk yang dihasilkan.

  Dari sedikit gambaran penerapan ergonomi yang telah dipaparkan dapat dikatakan bahwa ergonomi dapat memberikan manfaat langsung bagi UMKM. Prinsip – prinsip ergonomi yang mengutamakan efektivitas, kenyamanan, keamanan, kesehatan, dan efisiensi sangat cocok untuk mengatasi permasalahan UMKM khususnya untuk meningkatkan produktivitas kerja. Melihat potensi UMKM yang begitu besar, penerapan ergonomipun juga memiliki potensi yang besar apabila diterapkan di UMKM.

Sumber

Setyari, N. Dinamika Pengembangan UMKM di Indonesia.

Suryanto. (2012). Dosen ITS Ciptakan Alat Pengasap Ikan Ergonomis. http://www.antaranews.com/berita/339994/dosen-its-ciptakan-alat-pengasap-ikan-ergonomis. diakses pada 22 Oktober 2012

Yuliana, Eka. (2012). Teknologi Kreatif ala Jurusan Teknik Pertanian Faperta Unila. http://www.radarlampung.co.id/read/bandarlampung/metropolis/50589-teknologi-kreatif-ala-jurusan-teknik-pertanian-faperta-unila. diakses pada 22 Oktober 2012.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Aplikasi Ergonomi: Alat Pengasap Ikan

  1. ANISSA PUTRI HARWIYANI (2510100016) says:

    Artikel diatas sangat bagus, karena saat ini di Indonesia berdiri UMKM yang berpotensial untuk berkembang. dimana perkembangannya tersebut harus didukung dari berbagai aspek seperti pada aspek sumber daya manusianya, untuk meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh SDM tersebut maka diperlukan suatu tunjangan peralatan yang ergonomis seperti alat pengasap ikan diatas sehingga memudahkan kerja para pekerja UMKM tersebut.

  2. Hutomo Dwiki Adiguna says:

    Perancangan alat pengasap ikan yang ergonomis diharapkan mampu memberikan edukasi terhadap pemilik usaha dan para pekerja di bidang industri perikanan mengenai pentingnya menggunakan alat kerja yang ergonomis. Dengan situasi lingkungan kerja yang nyaman dan aman serta alat produksi yang ergonomis maka hasil akhir yang diharapkan adalah peningkatan produktifitas kerja dengan tingkat kecelakaan kerja yang minimal. Namun terdapat satu faktor yang juga dapat lebih diperhatikan yaitu mengenai sumber energi yang digunakan dan tingkat efisiensinya. Sesuai dengan tujuan awal perancangan alat tersebut yaitu membantu proses produksi UMKM di bidang perikanan, maka diharapkan alat yang diciptakan mampu beroperasi dengan kebutuhan energi yang efisien (biaya rendah). Sehingga pemilik usaha mendapatkan nilai tambah dari penggunaan Alat Pengasap Ikan secara maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s