Assessment untuk Ransel Militer (Military Load Carriage)

Ditulis oleh Maria Khristina R.H. (2509100050)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

2509100050_Aplikasi Ergonomi dalam Militer Assessment untuk Ransel Militer (Military Load Carriage)Keberhasilan suatu pasukan militer dalam melaksanakan misinya dipengaruhi oleh kemampuan prajurit yang ada dalam pasukan tersebut serta faktor lain yang turut mempengaruhi performansi prajurit, di antaranya faktor peralatan, fasilitas, beban kerja, serta interaksi dengan lingkungan yang terkait dengan kondisi fisik tentara.

Salah satu peralatan militer yang banyak disoroti adalah terkait ransel militer (military load carriage). Kelompok Riset Ergonomi Queen’s University di Ontario, Kanada telah bekerja sama dengan Defense Research and Development Canada (DRDC) selama 15 tahun untuk mengembangkan, memvalidasi, serta menerapkan langkah-langkah objektif untuk penilaian sistem angkut beban bagi prajurit militer Kanada. Meskipun tentara mampu menilai apakah mereka menyukai sistem angkut beban tertentu, namun sangat mahal dan tentunya memakan waktu lama untuk menilai ransel dan barang-barang peralatan lain dengan cara seperti ini. Selain itu, kebutuhan vital DRDC untuk mengembangkan kriteria penilaian yang objektif untuk membantu mengevaluasi sistem untuk membeli untuk Pasukan Kanada.

Tim yang terdiri dari insinyur dan ergonomist ini pertama kali mengembangkan simulator angkut beban menggunakan manekin yang bisa berjalan, berlari atau berjalan di bawah kondisi sedang membawa muatan barang. Mereka menggunakan berbagai instrumen ilmiah komersial dan custom-made untuk mengukur gerak, tekanan kontak, kekuatan dan momen secara objektif. Mereka juga membangun manekin distribusi beban untuk menilai kekuatan bahu dan pinggang serta kesesuaian bahan tester untuk mengukur kekakuan sistem suspensi. Dengan menggunakan alat ini, mereka mampu memprediksi sebagian besar nilai subjektif tentara persepsi menggunakan ukuran objektif. Tim peneliti menggunakan alat ini untuk membantu DRDC dalam mendesain dan pengiriman sistem angkut beban baru untuk tentara Kanada. Para peneliti ini terus menguji variasi baru peralatan angkut beban untuk Kanada dan negara-negara NATO lainnya, serta barang-barang lainnya seperti: rompi fragmentasi untuk perlindungan yang lebih baik dari alat peledak improvisasi di Afghanistan, helm dan lapisan helm, dan ide-ide desain baru untuk angkut beban.

Manfaat beban prajurit yang sudah disesuaikan dengan persyaratan ergonomis di antaranya adalah mengurangi kelelahan fisik prajurit, mencegah timbulnya penyakit karena organ tertentu mengalami “pemaksaan”, menjamin kesiapan menghadapi tugas, serta menyiapkan alat sesuai dengan keperluan pelaksanaan tugas.

Referensi:

Anonim. Pembinaan Jasmani Militer. Diambil dari [http://www.kesad.mil.id/category/lakesmil/artikel]. Terakhir dilihat pada 20 Oktober 2012.

Anonim. Military Load Carriage Assessment. Diambil dari [http://www.skhs.queensu.ca/ergbio/research-military.html]. Terakhir dilihat pada 20 Oktober 2012.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Assessment untuk Ransel Militer (Military Load Carriage)

  1. Muhammad Rahman Arif says:

    Artikel ini menurut saya bermanfaat, karena selain dari segi menambah pengetahuan tentang ergonomi selain itu juga dapat digunakan sebagai referensi untuk militer Indonesia. Karena seperti yang dijelaskan oleh penulis bahwa manfaat yang didapatkan apabila menerapkan keilmuan ergonomi dalam pendesainan ransel untuk militer di antaranya adalah mengurangi kelelahan fisik prajurit, mencegah timbulnya penyakit karena organ tertentu mengalami “pemaksaan”, menjamin kesiapan menghadapi tugas, serta menyiapkan alat sesuai dengan keperluan pelaksanaan tugas. Dari manfaat yang didapat ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam pendesainan juga harus mempertimbangkan faktor-faktor yang lain, terutama dari segi ergonomi. Dalam pendesainannya produk ini mengaplikasikan beberapa ilmu yang ada di ergonomi yaitu dari segi antropometri tubuh pengguna, biomekanika, serta memperhatikan berat beban yang dibawa.

  2. Edwin Saferian - 2510100006 says:

    Ransel militer yang satu ini apakah ransel yang terhubung dengan seragam eksoskeleton, karena tulisan di atas tidak menyebutkan secara rinci deskripsi dari ransel ini. Lalu bila melihat kondisi riil dari TNI sendiri, yang selalu dipolitisasi oleh pemerintahan RI, apakah dapat menerapkan military bag seperti ini, mengingat alutsista dan segala riset militer selalu kekurangan dana dari pemerintah. sementara yang saya ketahui badan militer yang sudah menerapkan ergonomic standard barulah organisasi militer besar, khususna USMC (Korporasi Marinir AS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s