Fasilitas Untuk Disable People

 Ditulis oleh Rachmat Fachlul C. (2509100103)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

2509100013_Aplikasi Ergonomi Kursi Roda untuk ManulaSaat ini sudah banyak fasilitas yang mendukung kegiatan sehari-hari bagi disable people (orang cacat), sehingga disable people tersebut dapat melakukan kegiatan selayaknya orang normal. Fasilitas yang tersedia untuk disable people tidak hanya alat-alat bantu yang harus digunakan, tetapi fasilitas yang ada sudah menjamah fasilitas-fasilitas yang ada di tempat umum. Contoh dari fasilitas untuk disable people di tempat umum adalah toilet khusus, halte bus khusus, gerbong kereta khusus,dll.

Pada toilet khusus disable, luas  ukuran  tempatnya lebih besar dibanding dengan toilet biasa, untuk memudahkan pengendara kursi roda, selain itu, terdapat pegangan tangan pada kloset, kemudian terdapat huruf  braile pada pintu untuk memudahkan orang buta mengetahui toilet pria atau wanita. Namun keberadaan toilet ini masih sangat minim di Indonesia. Toilet ini hanya dapat dijumpai pada hotel-hotel berkelas atau bandara internasionel. Berbeda dengan negara maju, toilet ini sudah menjadi toilet wajib yang ada pada tempat-tempat umum.

Fasilitas lainnya untuk disable people adalah  halte untuk tuna netra yang dapat di temui di halte bus Trans Jakarta. Pada halte ini, dapat ditemukan garis yang dapat memandu tuna netra melewati jembatan untuk dapat menaiki bus. Sama seperti toilet khusus disable, fasilitas halte ini masih belum banyak diterapkan di Indonesia, bahkan masih hal yang baru di Indonesia.

Fasilitas selanjutnya adalah gerbong kereta khusus bagi disable. Gerbong ini dipisahkan dari gerbong lainnya, dan memiliki fasilitas pintu masuk yang lebih besar, toilet khusus, dan tempat duduk yang lebih besar dibanding dengan tempat duduk di gerbong biasa. Gerbong ini masih baru sedikit dijumpai di Indonesia, hanya perusahaan khusus saja yang menyediakan gerbong bagi disable.

Di Indoesia, fasilitas-fasilitas yang di khususkan bagi orang cacat masih tergolong baru, sehingga fasilitas yang ada masih sangat sedikit. Jumlah orang cacat di Indonesia sangat banyak, karena itu pemerintah seharusnya menyediakan fasilitas yang lebih banyak, sehingga penyandang cacat juga dapat dimudahkan dengan fasilitas tersebut.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s