Fasilitas Kereta Api yang Harus Memenuhi Aspek Ergonomis

Ditulis oleh Rahmi Amalia (2509100148)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

info-kereta-apiTransportasi disediakan untuk memudahkan manusia pergi ke tempat tujuan untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Maka seharusnya semua fasilitas yang terdapat pada transportasi bersifat ergonomis yakni aman, nyaman, sehat, dan menyenangkan bagi manusia. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai aplikasi ergonomi di transportasi darat khususnya kereta api. Fasilitas utama pada kereta api yang dapat menjadi tolak ukur kenyamanan tersebut adalah tempat duduk penumpang. Tempat duduk memiliki fungsi utama sebagai penyangga beban tubuh penumpang, maka seharusnya tempat duduk memiliki ukuran yang benar dan sesuai dengan Antropometri manusia.

Peter Vink telah melakukan penelitian mengenai desain fasilitas kerja yang ergonomis dengan menggunakan objek kursi penumpang kereta api. Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa responden yang duduk di kursi tidak ergonomis memiliki denyut nadi lebih tinggi dan mengeluarkan kalori lebih banyak dalam tubuhnya sehingga responden tersebut merasa cepat lelah, sedangkan responden yang duduk di kursi ergonomis memiliki denyut nadi cenderung stabil dan mengeluarkan kalori lebih kecil dalam tubuhnya sehingga responden tersebut merasa lebih nyaman.

Kriteria desain kursi penumpang yang ergonomis diantaranya adalah tinggi kursi disesuaikan dengan ketinggian alas duduk penumpang, dirancang kuat dan serasi dengan menekankan kekuatan pada bagian yang mudah retak, dilengkapi dengan footrest dan sandaran punggung (belakang) untuk membantu dalam menjaga jaringan otot tulang belakang dan keseimbangan posisi duduk dan kursi terbuat dari bahan yang cukup lunak atau empuk. Dalam pendesainan kursi, diharapkan sandaran punggung mendekati kontur tulang belakang dan didasarkan pada ukuran lebar punggung dengan faktor kelonggaran tertentu. Ketinggian sandaran punggung disesuaikan dengan ukuran tinggi siku duduk dengan persentile 95%. Apabila memungkinkan, sudut sandaran kursi sebaiknya dapat diatur sesuai keinginan penumpang. Saat ini, kursi penumpang kereta eksekutif dan bisnis di Indonesia sudah dirancang secara ergonomis dan memenuhi kriteria – kriteria yang telah disebutkan. Namun sebaliknya, kursi penumpang kereta ekonomi memiliki banyak perbedaan dengan desain kursi kereta eksekutif dan bisnis.

Aplikasi Ergonomi

Fasilitas kereta api lainnya yang perlu dirancang secara ergonomis adalah pintu, jendela, toilet dan bagasi. Jendela seharusnya dilengkapi dengan lapisan laminasi isolator panas agar penumpang tidak terganggu dengan sinar matahari ketika dalam perjalanan di siang hari. Toilet yang disediakan harus memiliki fasilitas yang nyaman dan bersih. Toilet yang disediakan dalam kereta api di Indonesia pada umumnya masih belum memberikan kenyamanan dan kebersihan bagi penggunanya. Pada umumnya, toilet kereta api di Indonesia masih kotor, rusak dan tidak terawat. Berbeda halnya jika kita melihat kereta api di negara lain seperti Jepang yang menyediakan toilet bersih dan dilengkapi dengan fasilitas tambahan untuk kenyamanan para penumpang. Salah satu fasilitas tambahan tersebut adalah toilet khusus wanita yang dilengkapi dengan meja untuk pengganti popok bayi dan toilet khusus untuk pengguna kursi roda. Sebagai alat transportasi umum, kereta api juga seharusnya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi orang cacat dengan menyediakan fasilitas khusus bagi orang cacat. Hal ini sudah dilakukan oleh kereta api yang ada di negara-negara maju dengan menyediakan kursi, toilet dan bagasi khusus bagi orang cacat. PT KAI seharusnya mulai memperhatikan hal ini agar warga Indonesia yang memiliki keterbatasan fisik dapat ikut menikmati perjalanan menggunakan kereta api dengan rasa aman dan nyaman.

Aplikasi ErgonomiSelain itu, jika kereta api menyediakan pegangan tangan di atas untuk penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk, desain pegangan tersebut harus disesuaikan dengan bentuk tangan manusia yakni dibentuk seperti segitiga. Selain fasilitas – fasilitas tersebut, aspek lain seperti tingkat suhu, kelembaban, suara dering, pencahayaan, dan penyegar udara juga perlu diperhatikan. Aspek tersebut disesuaikan dengan kondisi atau cuaca sekitar saat perjalanan berlangsung. Selain itu, kereta api juga perlu dilengkapi dengan fasilitas keselamatan seperti tabung pemadam kebakaran dan emergency brake yang dapat digunakan saat kereta api mengalami keadaan darurat.

Saat ini PT. KAI menerapkan sistem 100% penumpang mendapatkan tempat duduk dan pedagang asongan dilarang naik ke kereta (kecuali saat berhenti di stasiun). Selain itu, telah dilakukan renovasi pada beberapa Kereta Ekonomi. Hal ini menjadi bukti bahwa kenyamanan dan keselamatan penumpang sudah mulai diperhatikan dan diutamakan.

Dengan melihat pentingnya aspek ergonomis pada semua fasilitas kereta api, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan hal ini untuk kenyamanan penumpang. Apabila penumpang merasa sangat nyaman, maka warga Indonesia akan lebih memilih menggunakan tranportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Hal ini bisa membantu dalam mengurangi tingkat kemacetan yang semakin meningkat di kota-kota besar Indonesia.

 Referensi :

[1] Alat Transportasi Jepang. Retrieved October 5, 2012, from http://www-japan-informations.blogspot.com/p/alat-transportasi-jepang.html

[2] Munandar, Teuku. (2012, January 28). Nikmatnya Pelayanan Publik di Jepang. Retrieved October 5, 2012, from http://aceh.tribunnews.com/2012/01/28/nikmatnya-pelayanan-publik-di-jepang.html

[3] Japan Guide. (n.d). Shinkansen. Retrieved October 5, 2012, from http://www.japan-guide.com/e/e2018.html

[4] Lukman, Mohammad. (2007). Penerapan Prototype  Meja Bangku Ergonomis Untuk Murid Sekolah Dasar Kelas Satu dan Dua di Malang.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s