Aplikasi Ergonomi pada Human Computer Interaction

Ditulis oleh Aditya Setyawan Moekti (2509 100 158)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

human-computer-interactionHuman Computer Intercation adalah salah satu bidang ilmu Ergonomi dimana mempelajari hubungan manusia dengan komputer. Di dalamnya kegiatan kegiatan yang termasuk dalam ergonomi HCI adalah mempelajari, merencanakan, dan mendesain interaksi antara manusia dengan komputer. Tujuan dari HCI adalah untuk meningkatkan interaksi antara manusia dengan komputer, menjadikan komputer sebagai media yang lebih “usable”.

Dalam tugas ini, HCI lebih dispesifikkan kepada interaksi antara manusia dengan gadget. Gadget adalah kata yang biasa digunakan untuk menamakan sebuah alat kecil yang memiliki teknologi tertentu. Dalam artian lebih sempit lagi, gadget seringkali digunakan untuk menyebutkan alat kecil dengan teknologi yang mengakomodasi sisi entertainment serta lifestyle.

Dari definisi diatas, ergonomi berperan besar dalam tahap desain. Secara umum, ergonomi mempengaruhi semua desain dimana jika terdapat interaksi dengan manusia. Pada bidang gadget, aplikasi ergonomi terletak di dua bagian, yaitu sisi hardware dan sisi software. Pada sisi hardware, ergonomi diterapkan pada desain bentuk fisik gadget sehingga dapat digunakan dengan nyaman. Contohnya adalah pengaturan ukuran QWERTY keyboard pada handphone QWERTY. Sedangkan pada sisi software, ergonomi diterapkan lebih ke arah untuk meningkatkan kemudahan penggunaan, misal dari pengaturan menu pada handphone.

Menurut saya, aplikasi ergonomi pada gadget sudah cukup baik dari sisi hardware. Setiap gadget baik itu handphone, pemutar musik, dan sebagainya telah menerapkan prinsip prinsip ergonomi. Dari ukurannya yang memudahkan untuk digenggam, tingkat pencahayaannya, dan sebagainya. Tetapi sayangnya kebanyakan hanya memperhatikan sisi fisik dari produk. Banyak gadget pabrikan china yang secara bentuk fisik ergonomis, dikarenakan bentuk bukan merupakan desain original, tetapi dari brand yang ternama, sedangkan dari sisi software tidak terlalu mempertimbangkan sisi ergonomis. Terlihat dari penampilan menu yang kaku, tingkat pencahayaan, dan kemampuan untuk mengorganisasikan menu yang rendah, karena platform hanya berbasis java. Akan menjadi jauh lebih baik jika sisi User Interface lebih dibenahi lagi, sehingga tingkat kenyamanan  penggunaan gadget menjadi lebih seimbang.

Referensi

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s