Perbaikan Line of Sight Operator Load-Haul-Dump di Area Pertambangan Dalam Tanah

Ditulis oleh Astria Hindratmo (2509 205 201), Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri, ITS 

            Industri pertambangan dalam tanah merupakan sutu industri yang tergolong industri yang memiliki resiko kecelakaan cukup tinggi seperti pejalan kaki pekerja terluka akibat tertabrak kendaraan angkut, terkena tekan kendaraan angkut, terjepit diantara kendaraan angkut dan dinding tambang yang dikarenakan kurangnya pencahayaan kendaraan angkut. Kendaraan yang sering membahayakan pekerja tambang terutama pekerjaan tambang dibawah tanah yaitu Load-Haul-Dump (LHD). LHD merupakan suatu alat angkut yang sangat penting terutama digunakan untuk operasi bongkar dan pengangkutan mineral atau tambang di dalam tanah selama penggalian. Bagian internal dari LHD terdiri dari ember, mesin kecil, emisi knalpot, profiler panjang dan sempit, diesel knalpot, sistem ventilasi. LHD dimodelkan sesuai dengan kondisi fisik area tambang dengan langit-langit rendah serta bagian jalan yang sempit (Tisna, 2011).

         Operasi penambangan dengan LHD merupakan tugas yang dinamis sehingga membutuhkan pengoperasian secara simultan kontrol tangan dan kaki, pemantau jalan, dan kemampuan mendeteksi bahaya dalam waktu kurang dari kondisi yang optimal (A. Godwin & T. Eger, 2009). Akan tetapi, kendaraan tersebut sering membahayakan pekerja tambang dikarenakan cahaya lampu dari kendaraan yang kurang sehingga mengakibatkan sistem line of sight atau jarak pandang operator LHD sangat rendah (T. Eger et al., 2004). Berdasarkan Eger et al. (2004), jarak pandang operator LHD menjadi rendah atau terganggunya pandangan operator yang mengakibatkan blind spots terutama di area line of sight sudut kanan belakang dan sudut kanan depan lebih buruk dari pada sisi kiri depan kendaraan. Penyebab hal tersebut yaitu roda kendaraan,  buckets yang ketinggiannya hampir sama dengan kursi operator, peralatan pemadam kebakaran yang tersedia, light spots,radiator cover, booms, radio remote boxes, elevated engine profile, dan air intake silinder atau udara yang masuk pada silinder (T. Eger et al., 2004). Maka dari itu diperlukan suatu evaluasi terhadap kendaraan LHD, kemudian hasil evaluasi dapat dijadikan suatu rekomendasi modifikasi / perbaikan untuk mengurangi resiko kecelakaan yang dikarenakan tingkat line of sight (jarak pandang) rendah.

Metode evalusi terhadap line of sight dapat dilakukan melalui beberapa macam misalnya:

1.  Metode evaluasi secara virtual desain

Berdasarkan A. A. Godwin et al. (2008), metode ini menggunakan Human simulation software, Classic JACK v.3.1 dalam bentuk 3D. Metode untuk mengevaluasi peralatan pertambangan bawah tanah dalam lingkungan virtual. Pada metode ini semua penyebab line of sight rendah di evalusi berdasarkan pandangan operator mulai dari posisi duduk operator LHD, hingga kondisi area sekitar yang menyebabkan blind spots.

2. Metode evaluasi dengan mengidentifikasi melalui kuesioner terhadap operator

Berdasarkan Eger et al. (2004), metode ini dalam mengevaluasi peralatan pertambangan dengan melakukan pengisian kuesiner terhadap beberapa operator LHD untuk mengetahui penyebab line of sight buruk.

Kedua metode tersebut pada dasarnya menghasilkan rekomendasi perbaikan terhadap desain kendaraan maupun rekomendasi perbaikan wilayah kerja yang hamper sama. Hal tersebut dikarenakan menggunakan sudut pandang operator kendraan LHD. Adapun rekomendasinya untuk memperbaiki line of sight seorang operator sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi menurut A. A. Godwin et al. (2008) dan Eger et al. (2004) sebagai berikut :

a.      Rekomendasi perbaikan pada desain LHD :

Komponen part

Rekomendasi

Bucket
  • Membuat buckets yang lebih luas, bukan lebih tinggi agar tidak menghalangi pandangan operator kedepan.
  • Hindari penggunaan ekstensi bibir bucket.
  • Jauhkan bucket serendah mungkin agar menghindari silau dari lampu.
Lights Memasang lampu yang letaknya sesuai dan memasang lampu yang lebih cerah /terang.
Cabs
  • Meningkatkan posisi kursi agar tidak terhalang bucket jika memandang depan.
  • Menaikkan kanopi (jika mungkin) untuk memungkinkan lebih tinggi posisi duduk.
  • Penurunan ketebalan tiang penyangga lampu, menurunkan profil mesin dan roda harus diturunkan.
  • Kotak radio harus dirubah lokasinya atau dihilangkan karena menghalangi pencahayaan
  • Menghilangkan/ memindahkan  alat pemadam kebakaran dari atas kendaraan LHD dengan merubah posisi atau letaknya
  • Menurunkan struktur lubang udara pada silinder ke dalam mesin

 b.   Rekomendasi peningkatan visibilitas obyek di wilayah kerja

Modifikasi

Rekomendasi

Pencahayaan
  • Meningkatkan kontras pencahayaan disekitar lubang terbuka dan area kerja
  • Memasang  lampu sorot pada kendaraan yang diparkir.
Reflektif rekaman(reflective tape)
  • Memasang tape reflektif pada semua tanda- peringatan
  • Sertakan tape reflektif pada helm
  • Sertakan tape reflektif pada rompi dan jaket
Barricade
  • Memberi penjelasan terhadap semua tanda bahaya
  • Memasang papan nama untuk peringatan tentang bahaya
Parkir kendaraan
  • Hindari parkir kendaraan di dekat sudut
  • Parkir kendaraan dimana mereka dapat dilihat oleh LHD dan truk pengangkutan
Housekeeping Jauhkan semua peralatan yang dapat menggangu penglihatan

REFERENSI :

Tisna, 2011, Load Haul dump Machines, weblog, 6 oktober 2011,<http://buana-poetra-mining.blogspot.com/2011/10/load-haul-dump-machines-lhd-machines.html>

Eger, T., Salmoni, A. & Whissell, R., 2004. Factors influencing load – haul – dump operator line of sight in underground mining. Applied Ergonomics, 35, pp.93-103.

Godwin, A.A. et al., 2008. Virtual design modifications yield line-of-sight improvements for LHD operators. International Journal of Industrial Ergonomics, 38, pp.202-210.

Godwin, A. & Eger, T., 2009. International Journal of Industrial Ergonomics Using virtual computer analysis to evaluate the potential use of a camera intervention on industrial machines with line-of-sight impairments. International Journal of Industrial Ergonomics, 39(1), pp.146-151. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.ergon.2008.04.005.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Perbaikan Line of Sight Operator Load-Haul-Dump di Area Pertambangan Dalam Tanah

  1. Wike Eriyandari says:

    Sangat bermanfaat sekali artikelnya dan rekomendasi yang diberikan juga tidak sulit untuk diterapkan. Saat ini sebenarnya sudah mulai diterapkan sistem deteksi untuk mengurangi tabrakan di pertambangan bawah tanah. Sistem tersebut bernama Hasard ((Hazardous Area Signalling dan Ranging Device). Cara kerjanya menggunakan sistem medan magnet berbasis yang akan memberikan peringatan jarak jauh pada pekerja tambang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s