Penyebab-Penyebab Kecelakaan Pada Transportasi Laut di Indonesia

Ditulis oleh : Achmad Andi Rasyid Siregar [2508100109], Mahasiswa Teknik Industri ITS – kelas Human Reliability
 

Kapal Dumai Express yang tenggelam

Transportasi merupakan urat nadi perekonomian masyarakat di Indonesia. Perkembangan transportasi di Indonesia tiap tahun selalu meningkat. Hal ini merupakan dampak dari aktifitas perekonomian dan aktifitas sosial budaya dan masyarakat.Peningkatan aktifitas perekonomian mempengaruhi pula terhadap tingkat insiden kecelakaan pada transportasi. Pada kecelakaan transportasi telah terjadi peningkatan yang cukup tinggi di tahun 2011. Menurut Komite Nasional Kecelakaan Transportasi jumlah korban tewas dalam kecelakaan transportasi umum sepanjang 2011 telah mencapai 247 orang. Jumlah tersebut meningkat 174 persen dibandingkan jumlah korban tewas pada tahun 2010. Pada tahun 2010 jumlah korban yang tewas dalam kecelakaan transportasi umum sebanyak 90 orang. Berdasarkan investigasi KNKT jumlah korban 247 orang itu terdiri dari 86 orang di laut, 85 orang di darat, 71 orang di udara, dan 5 orang pada kejadian kecelakaan kereta api. Kecelakaan pada transportasi laut yang tinggi itu berasala dari 6 insiden yang terjadi. Yaitu 1 kapal tenggelam, 3 kapal meledak atau terbakar dan 2 tabrakan. Melihat dari statistik yang ada bisa dikatakan bahwa transportasi laut menjadi sarana tranportasi yang mengerikan bila digunakan.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Mritime Institute (IMI) Y.Paonganan, kesalahan pemerintah yang menyebabkan sering terjadinya kecelakaan transportasi laut. Kebijakan pembangunan pemerintah saat ini lebih mengedepankan base oriented. Sehingga strategi yang terkait dengan urusan laut tidak mendapatkan prioritas. Akibat dari itu kebijakan dan implementasi di bidang transportasi laut amburadul. Konsekuensinya sering terjadi insiden-insiden kecelakaan transportasi laut saat ini.

Penyebab-Penyebab Terjadinya Kecelakaan Transportasi Laut

Kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada transportasi laut telah banyak yang terjadi. Insiden yang terjadi biasanya adalah tenggelam akibat kelebihan muatan, terbakar atau meledak, ataupun tenggelam akibat dari faktor alam. Tetapi berdasarkan data dari Mahkamah Pelayaran faktor kesalahan manusia adalah penyebab utama dari kecelakaan transportasi laut yang ada. Sebanyak 88% kejadian disebabkan oleh human error dari orang-orang yang ada dalam sistem transportasi laut. Dan hanya beberapa saja yang disebabkan oleh faktor alam atau cuaca.

Human Error yang terjadi pada kecelakaan transportasi laut dapat disebabkan oleh berbagai faktor pada sistem transportasi laut yang ada. Misalkan kurangnya kepahaman para awak kapal akan rambu-rambu yang ada pada rute perjalanan, kelalaian petugas pelabuhan dalam melakukan pengawasan terhadap kapal-kapal yang berlayar. Ataupun kelalaian awak kapal dalam melakukan maintanence terhadap mesin-mesin yang ada pada kapal. Berikut adalah beberapa human error yang terjadi pada kecelakaan transportasi laut

  1. Jumlah Penumpang yang tidak sesuai dengan kapasitas

Dalam kasus kecelakaan transportasi laut sebagian besar kecelakaan yang terjadi adalah akibat dari jumlah penumpang yang tidak sesuai dengan kapasitas dari kapal yang berlayar. Hal ini selain disebabkan kelalaian dari nahkoda kapal kadangkala juga disebabkan kelalaian dari pengawasan pelabuhan ketika kapal akan diberangkatkan. Hal ini juga disebabkan para pegawai yang dipelabuhan masih menganggap remeh akan standarisasi yang telah ditetapkan. Seperti yang terjadi pada perairan Indonesia beberapa saat yang lalu. Sebanyak 33 imigran yang menumpang kapal Indonesia menuju Australia tenggelam akibat dari jumlah muatan yang sangat berlebih. Kapal yang seharusnya hanya diisi oleh 150 orang, diisi dengan jumlah penumpang sebanya 300 orang. Dalam kasus ini human error yang terjadi adalah akibat kesalahan dari nahkoda yang menyetir kapal. Karena imigran-imigran ini adalah imigran yang ilegal sehingga tidak berada dalam pengawasan pelabuhan.

2.  Faktor Teknis

Faktor lain yang terjadi biasanya sebagai penyebab dari kecelakaan tranportasi lau adalah faktor teknis. Faktor teknis ini banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Seperti desain kapal yang tidak sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan. Ada pula maintenance yang dilakukan oleh para awak kapal yang masih tidak terjadwal dilakukan. Sehingga ketika kapal berlayar terjadi panas mesin yang menyebabkan mesin panas. Ataupun faktor teknis ketika membawa barang-barang yang berbahaya. Karena tidak adanya kesadaran untuk menjaga kapal dari awak kapal menyebabkan kapal meledak dan terbakar. Kejadian-kejadian yang terjadi akibat faktor teknis ini seperti yang terjadi pada Kapal Marina.

Begitu banyaknya kejadian-kejadian yang terjadi pada transportasi laut telah menjadi peringatan sendiri bagi pemerintah Indonesia sendiri. Hal ini semua sebenarnya masih dapat di lakukan tindakan preventif mulai dari kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Pertama perlunya penyuluhan-penyuluhan terhadap para awak kapal dari masing-masing kapal yang ada mengenai aturan-aturan yang ada pada pelayaran laut sehingga tidak akan terjadi kesalahan ataupun kelalaian dari para awak kapal. Karena penumpang yang memaksakan kehendak untuk tetap dapat naik pada kapal yang telah penuh oleh penumpang kadangkala terjadi karena para awak kapal tetap memperbolehkan penumpang untuk naik. Begitu juga pelatihan untuk para awak kapal untuk dapat melakukan maintenance terhadap mesin-mesin yang ada pada kapal. Begitu juga pelatihan untuk dapat menghadapi permasalahan ketika terjadi kerusakan pada mesin kapal.

Referensi

  1. 247-orang-tewas-akibat-kecelakaan-transportasi-2011.detiknews.com.htm
  2. Laporan Analisis Trend Kecelakaan Transportasi Laut www.dephub.go.id
  3. Kecelakaan Kapal Laut Membunuh Rakyat Indonesia Indonesia Maritime Institute

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s