Interaksi antara Manusia dan Conveyor Belts

2511203704

Penggunaan conveyor belt pertama kali diperkirakan di sekitar abad ke-17. Pada awalnya, alat ini hanya digunakan untuk melakukan transportasi bahan-bahan makanan untuk jarak dekat saja. Seiring berkembangnya teknologi, conveyor belt kini menjadi bagian penting dalam sistem transportasi barang, terutama di bidang perindustrian dan pertambangan.

Kini, conveyor belts tidak hanya merupakan benda yang dapat melakukan transportasi dari titik A ke titik B. Conveyor belt banyak memberikan kontribusi dalam efisiensi proses produksi, yang tentunya sangat penting dalam mempertahankan perusahaan yang mengalami persaingan yang sangat ketat sekarang ini. Tidak hanya memberikan keuntungan yang besar, conveyor belts juga dapat membahayakan manusia jika tidak dipergunakan dengan tepat. Dalam 20 tahun belakangan ini, di Amerika Serikat, 85 kecelakaan serius telah terinvestigasi dan terdokumentasi. Lebih dari separuhnya, tepatnya 47 kecelakaan fatal, berhubungan dengan tail pulleys dan mekanisme transmisi energi. (Giraud, L., & Schreiber, L. (2004)).

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara umum, dapat disimpulkan  bahwakecelakaan di conveyor belts dapat dikategorikan dalam tiga tipe yaitu:

  1. Kecelakaan mekanis
  2. Kecelakaanakan ketidakpatuhan akan sistem ergonomi
  3. Kecelakaan akibat malfungsi dari sistem kontrol

Untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Instalasi kawat baja pada kedua sisi sepanjang Conveyor Belt yang berfungsi sebagai Emergency Shutdown. Dengan kawat baja yang terinstalasi, diharapkan ketika ada manusia yang mengalami kecelakaan di bagian conveyor belt and ada manusia lain yang melihat kecelakaan tersebut dalam radius tertentu dapat menarik kawat tersebut dan dapat mengurangi resiko kecelakaan.

2. Selalu menjaga jarak yang aman dengan Conveyor Belt. Diharapkan manusia tidak berada terlalu dekat dengan belt conveyor karena jika jarak terlalu dekat ada kemungkinan akan tertarik ke sistem conveyor belt itu sendiri yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

3. Menghindari menggunakan pakaian yang longgar, rambut yang panjang atau bagian manapun yang dapat tersangkut pada Conveyor Belt. Pakaian yang longgar ataupun rambut yang panjang yang tidak terikat rapi juga dapat menimbulkan risiko kecelakaan di conveyor belt. Conveyor belt dengan kecepatan tinggi dapat menarik benda-benda tersebut dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan kerja.

4. Tidak dibenarkan membersihkan Conveyor Belt saat  beroperasi (menggunakan sapu, tongkat sikat, sarung tangan, dll). Dikarenakan kecepatan Belt Conveyor bervariasi antara 2 – 10 kilometer per jam, atausekitar 0.55 – 2.77 meter per detik

5. Tidak dibenarkan menyentuh atau memegang material diatas Conveyor Belt yang sedang beroperasi

6. Memastikan semua bagian yang bergerak dari Conveyor Belt telah tertutup oleh kover/tutup pengaman yang sesuai. Diharapkan dengan tertutup dengan rapinya conveyor belt ini dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan yang terjadi.

7. Memastikan untuk mematikan mesin/lock out dan memasang tanda/tag out setiap akan melakukan perbaikan, pengecekan dan perawatan pada Conveyor Belt. Diharapkan ketika melakukan maintenance tidak ada yang celaka akibat manusia menyalakan conveyor belt di waktu yang tidak tepat.

8. Memastikan area jalan sekitar Conveyor Belt bersih dari benda-benda yang bisa menyebabkan anda terpeleset dan terjatuh ke Conveyor Belt

9. Tidak dibenarkan menyebrangi, melompati atau berjalan di atas Conveyor Belt, berjalan melewati kolongConveyor Belt atau menggunakan Belt Conveyor sebagai alat transportasi.

References

  1. Berke, L. (2010). Ignorance of conveyor hazards turns lethal. Machine Design, 82(20), 31-31.
  2. Giraud, L., & Schreiber, L. (2004). Belt conveyor safety: Understanding the hazards. Professional Safety, 49(11), 20-26.
  3. Goldbeck, L. J. (2007). Conveyor belts store energy and risk. Rock Products, 110(4), 28-31.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s