INTERAKSI ANAK DENGAN ALAT PEMINDAI OPTIK “WALTER”

Ditulis oleh M. Abdul Jumali (2511204002), Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri, ITS

Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa mempergunakan alat yang dapat menghasilkan pengertian informasi, memberi kesenangan maupun mengembangkan imajinasi pada anak dalam proses pembelajaran. Dalam tumbuh kembang anak, menurut (Wollons, 2000) akan terdapat 2 istilah yang berbeda yaitu sumber belajar (Learning Resources) dan alat permainan (Education Toys And Games). Pada perkembangannya banyak sekali ditemukan sumber belajar dan alat permainan yang digunakan untuk  melatih saraf sensorik maupun saraf motoriknya. Sedangkan pengertian dari saraf motorik itu sendiri adalah saraf yang membawa rangsangan (impuls) dari saraf pusat susunan saraf ke efektor (otot dan kelenjar). sedangkan saraf sensorik adalah adalah saraf yang membawa rangsangan (impuls) dari reseptor (indra) ke saraf pusat(otak dan sumsum tulang belakang),(Adipedia.com). Salah satunya adalah metode Glenn Doman (pengajaran membaca), sedangkan Dr.Glen doman adalah seorang specialis bedah saraf di rumah sakit universitas Temple, Pennsylvania. Dengan menemukan teknik membaca dengan cara terapi yang penerapannya dilakukan pada anak-anak yang mengalami “cedera otak” dengan menggunakan alat bantu kartu dua dimensi yang diberi nama “Flash Card”. Dengan hanya dominasi dua warna saja (warna putih sebagai background dan warna merah sebagai tulisan yang cerah serta mudah dibaca) interaksi anak dengan alat yang digunakan menjadi kurang menarik untuk kemauan belajar sehingga penalaran dan pemahaman menjadi sulit. Karena pada dasarnya, anak pada usia dini mengandalkan saraf sensorik guna menerima rangsangan berupa suara guna mudah menangkap suara tersebut untuk direkam (indonesia, 2010).

Human Computer Interaction – HCI adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang komunikasi serta tindakan diantara pengguna dengan sistem komputer maupun sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari (wikipedia, wikipedia) dan (Hari Soetanto, 2003). Untuk itu pada tahun sekitar pertengahan tahun 2000, Jack Walter (Raksa, 2000), seorang ahli informatika dan pemerhati anak yang memiliki keterbatasan fisik menemukan alat pemindai optik elektronik yang terdiri dari media buku digital dan peranti pemindainya yang bernama “Educational Technologies”. Untuk lebih populernya, alat ini disebut dengan “Walter”.


2. Pengunaan Dan Manfaatnya

Pengunaan  dari Walter ini sangat mudah khususnya guna anak usia dini baik untuk saraf motorik dan saraf sensoriknya. Karena alat ini juga ada tombol-tombolnya guna melatih saraf motoriknya, yaitu dengan cara menghidupkan (menekan tombol on/off) dan juga melatih saraf sensoriknya, yaitu dengan mendengarkan suara-suara yang keluar dari speaker setelah pensil pemindai menyentuh sensor dari buku digital. Sensor pada buku digital mempunyai karakteristik  matriks 2D (2 dimensi) yang datanya diwakili oleh simbol-simbol yang berbentuk lingkaran dengan warna cerah yang menarik, guna menarik perhatian anak dalam usia dini yang  besar sekali rasa keingintahuaannya akan sesuatu hal baru diketahuinya. Dengan keunikan, bentuk, dan warna sensor ini bisa memasukkan data sampai ratusan karakter dalam membedakan masing karakter sensor serta sensor sendiri adalah alat untuk menangkap energi/ pemindai dan mengubahnya ke dalam bentuk sinyal dan menyajikannya ke dalam bentuk yang sesuai dengan informasi yang inginkan (irigomi, 2011). Sedangkan pengertian pemindai yang dalam bahasa inggrisnya adalah scanner menurut adalah suatu alat elektronik yang digunakan untuk memindai suatu objek gambar  (sensor dengan bentuk, warna dan keunikan tertentu) atau dokumen yang kemudian hasil pemindaian itu akan diubah menjadi bentuk digital di dalam computer baik menjadi suara ataupun visual (wikipedia, wikipedia). Periode Sensory-Motor (0-18 bulan) Piaget menyebut tahap awal tumbuh kembang kognitif, periode sensorik-motorik hingga sekitar usia 18 bulan. Bayi dikembangkan intensionalitas (perilaku goal-directed) selama tahap sensori-motor.

Tahap Pra-Operasional (18 bulan-5 tahun) Usia satu setengah sampai usia lima atau enam Anak dalam tahap pra-operasional stimulus-terikat dan egosentris. Egosentris berarti egois atau tidak untuk mengambil sudut pandang orang lain.

3. Kelebihan Dan Kekurangan Metode Glenn Doman Dan Pemindai Optik “Walter “

Kekurangan Metode Glenn Doman :

  • Mengenalkan kartu 2 demensi kepada anak usia 0 tahun.
  • Dominasi warna hanya warna putih sebagai background dan warna merah sebagai tulisan yang cerah serta mudah dibaca.
  • Anak jarang tertarik dengan tulisan yang cerah saja tanpa penjelasan nalar seorang anak.
  • Pengoperasian metode ini cukup menyita waktu, tenaga dan penalaran yang memberikan.
  • Rancangan desain produk lebih cenderung “Fitting the Man to the Design
  • Anak tidak bisa belajar mandiri.
  • Orang tua memiliki “ilmu pengetahuan” yang terbatas.
  • Penjelasan orang tua dengan nada yang monoton.
  • Dengan bentuk kartu, akanmudah hilang.
  • Rasa keingintahuannya hanya berdasarkan “pengalaman hidup” saja

Kelebihan :

  • Murah
  • Ringan produknya

Kekurangan Pemindai Optik “Walter”

  • Mahal produknya
  • Berat produknya
  • Apabila baterai habis dan listrik tidak tersedia maka tidak bisa dimainkan
  • Mudah rusak

Kelebihan Pemindai Optik “Walter”

  • Memperkenalkan serta menjelaskan dengan metode suara , guna merangsang keingintahuannya akan apa yang sedang didengarkan pada anak usia 0 tahun.
  • “Media suara diperdengarkan kegiatan asli yang sedang dilakukan”
  • Bentuk gambar dan animasi dari satu buku ke buku yang lain berbeda-beda
  • Pengoperasian alat sesuai dengan desain anak yang nota bene selalu dinamis dalam tingkah laku
  • Rancangan desain produk untuk saat ini mengacu pada “Fitting the Design to the Man “ (anak)
  • Anak bisa belajar mandiri dengan belajar sendiri.
  • Orang tua “lebih mudah” maksud yang diutarakan oleh “walter
  • Tanpa disadari, alat ini merangsang rasa keingintahuan, membangun kebiasaan membaca dan belajar dalam diri si anak
  • Mempersiapkan kelimuaan anak sebelum menjalani pendidikan usia dini

(Raksa, Pt. Tiga Raksa)

 4. Peralatan Pemindai Optik “Walter”

  1. Pensil Optik Pemindai : Pensil ini di gunakan penguna / anak sebagai alat untuk mentranformasikan data sensor 2 dimensi yang ada pada buku digital untuk bisa menjadi suara (speaker) berupa penjelasan seputar tanda apa yang di pindai. Dan tombol on /off (hijau) serta tombol testing speaker (kuning) ini digunakan merangsang saraf motoriknya untuk memegang dan memmegang. Daya dari pensil ini menggunakan baterai AAA.
  1. Speaker : alat penerima sinyal transformasi dari pensil optic pemindai untuk di rubah menjadi bentuk suara. Dan hamper sama dengan fungsi melatih motorik, speaker juga dilengkapi 6 tombol yaitu tombol on/off, record, stop voice, repeat, volume up dan volume down. sehingga merangsang saraf motoriknya untk mengangkat dan menekan tombol-tombol yang ada. Didalam speaker ini ada memori untuk menyimpan ratusan data yang tersinkronisasi dengan sensor yang ada di buku digital. Daya speaker ada dua jenis yaitu dari baterai dan listrik apa bila baterai tidak memungkinkan.
  1. Buku Digital : Dalam satu paket “walter” ada 24 jenis macam bagian dan terbagi dalam 4 pengetahuan yaitu kehidupan, alam, sains, dan dunia kita. Didalam buku ini terdapat sensor unik, berbentuk lingkaran dan bermacam-macam warna hanya untuk menarik perhatian anak guna belajar sambil bermain.

Dengan peralatan yang ter pisah, nantinya mungkin aka nada pengembangan alat yang terintegrasi menjadi satu kesatuaan alat pemindai digital seperti pensil optik pemindai dilengkapi langsung dengan speaker dan memori penyimpan data transformasi suaranya.

Referensi

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s