Virtual Reality and Augmented Reality, the future of technology

Oleh : 2508.100.075

Apakah kalian tahu film GUNDAM?

Pasti sebagian besar dari kalian tahu, bahkan sangat tahu. Yeah, aku sangat gemar pada gundam belasan tahun lalu, saat aku masih ingusan dan kecil. Dengan bengong kutatap layar kaca yang menyiarkan kartun Gundam. Ada satu adegan yang membekas di kepalaku, adegan yang membuatku berfikir kala itu sambil terkekeh,

“Mana mungkin pilot Gundam ini bisa telepon sambil menampilkan gambar wajah secara live?! Gila! Khayalan banget lah…”, batinku dalam hati.

Komputer yang bisa diajak berkomunikasi, memberi gambaran virtual (seperti Jarvis di IRON MAN, atau Zordon di POWER RANGER), bicara face to face jarak jauh tentu semacam “khayalan romantisme hitech” di kepalaku kala itu. Hampir mirip lelucon!

Ternyata…. lelucon itu mulai menjelma jadi realita di masa sekarang!

Perkembangan teknologi pada beberapa dekade ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dari yang hanya sebagai komunikasi telepon rumah dan teks pager, kini menjelma menjadi full akses internet dan BBM, semua di telapak tangan kita. Tak perlu lagi sebuah tempat permanen bernama Wartel atau Warnet, kini semua portable.

Dahulu teknologi layar sentuh hanyalah khayalan, namun kini menjelma menjadi trend standar alat-alat komunikasi, seperti pada semua smartphone, seperti Blackberry, iPhone, Android dan lain-lain. Tak cukup selebar telapak tangan, selebar buku bacaan pun kini ada, seperti iPad dari Apple, Kindle dari Amazon dan lain-lain yang sudah merambah kepada kemampuan multitasking dan interaktif pada interface-nya.Terimakasih pada Steve Jobs dengan Apple dan Andy Rubin dengan Androidnya, paling tidak sekarang kita bisa menunggu busway sambil bermain Angry Bird!

Pada kemajuan di perangkat lunak (software) terjadi perang OS (Operating System) yang pada era 90′an OS untuk PC (Personal Computer), seperti Linux, Windows dan Mac hingga sekarang berubah ke perang OS untuk smartphone, seperti Blackberry, Android, iPhone, Nokia dan lain-lain. Jadi dapat dikatakan, bukan tidak mungkin lagi  suatu saat nanti kita akan mencapai suatu teknologi super canggih seperti yang ada pada film-film tersebut.

Itu cerita dari film Gundam yang kutonton belasan tahun lalu. Kemarin aku menonton film AVATAR, bercerita tentang teknologi yang begitu majunya, sampai bisa membentuk realita virtual bagi manusia. Kita sekarang bisa bergumam “mustahil”, tapi seperti film Gundam itu, tak ada teknologi yang benar-benar mustahil.

Dan teknologi yang akan  kita bahas disini, adalah suatu teknologi yang sangat unik, sangat canggih, dan mungkin teknologi ini sudah pernah kita gunakan tanpa kita sadari. Teknologi ini bernama Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality.

***

APAKAH ITU VIRTUAL REALITY ???

Dapat dilihat dari kaa-kata yang menyusun nya, yaitu Virtual yang berarti maya, dan reality yang berarti Nyata. Jadi jika diartikan secara kasar, Virtual Reality memiliki arti Memayakan yang Nyata.

Memayakan yang nyata?

Jika diartikan secara harafiah, Virtual Reality memiliki arti suatu bentuk teknologi yang dapat memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi dengan lingkungan virtual. Nah, lingkungan virtual itu disimulasikan oleh komputer yang melakukan suatu simulasi terhadap suatu obyek nyata sehingga mampu membangkitkan suasana 3 dimensi sehingga membuat pemakai terlibat secara fisik.

Mulai terasa seperti adegan film Avatar, bukan?

BAGAIMANA APLIKASINYA DI DUNIA NYATA ??

Sangat banyak aplikasi dari Virtual Reality , seperti contoh di Social Life.Apakah kalian pernah memainkan game The SIMS ?? Nah, game populer ini merupakan suatu bentuk aplikasi dari Virtual Reality,kehidupan nyata yang dibuat secara virtual. Di The SIMS, kita dapat berinteraksi dengan pemain diseluruh dunia melalui SIMS (avatar) yang kita buat. Kita dapat menjadi kuat, kaya dan populer dengan menjalankan bisnis seperti di kehidupan nyata, serta mendapatkan teman.

Pengaplikasian Virtual Reality yang lain dapat kita lihat di dunia Militer.Disini virtual Reality sudah banyak digunakan sebagai media untuk melatih prajurit-prajurit sebelum terjun langsung ke medan perang. Dengan Virtual Reality ini, prajurit tidak akan mengalami cedera yang berarti, dikarenakan latihan dilakukan dalam dunia virtual. Contohnya, simulasi perang virtual, simulasi menerbangkan helikopter, Simulasi terjun payung dan lain-lain.

Sama halnya dengan bidang militer,aplikasi Virtual Reality juga ada di bidang olahraga.Ini digunakan untuk meminimasi cedera terutama bagi penggandrung olahraga ekstrem tetapi tidak berani melakukan nya.  Jadi mereka hanya akan melakukan olahraga tersebut melalui dunia virtual, tanpa harus takut mengalami cedera.

Bentuk aplikasi lain nya di bidang Edukasi. Disini Virtual Reality digunakan sebagai media belajar bagi orang-orang sebelum terjun langsung ke dunia nyata. Contohnya belajar menyetir (bayangkan bila stir mobil sungguhan langsung diberikan pada mereka). Maka teknologi Virtual Reality akan sangat membantu sebagai fasilitas pembelajaran bagi orang-orang yang ingin belajar menyetir misalnya agar dapat berlatih dahulu di dunia virtual untuk meminimasi kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Masih banyak bentuk aplikasi virtual reality. Sayangnya di Indonesia belum banyak yang menerapkan teknologi Virtual Reality ini. Lain halnya dengan Teknologi Augmented Reality. Nah, benda apalagi itu!

APAKAH ITU AUGMENTED REALITY ??

Augmented Reality merupakan suatu bentuk teknologi unik, dimana teknologi ini kebalikan dari Virtual Reality. Jika virtual reality “memayakan yang nyata, maka Augmented Reality memiliki arti Menyatakan yang Maya”.

Secara harfiah Augmented Reality memiliki arti penggabungan antara dunia virtual dan nyata yang berinteraksi dalam 3D secara realtime yang menggunakan internet.Untuk menggunakan teknologi AR ini tidak hanya membutuhkan sebuah komputer dengan graphic card saja, namun Webcam atau sejenisnya mutlak dibutuhkan.

BAGAIMANA APLIKASINYA DI DUNIA NYATA ???

Ingatkah kalian saat menonton film IRON MAN, terdapat bagian tampilan di belakang helm Iron Man yang menunjukkan simulasi  yang terhubung dengan internet langsung dimana terdapat HUD baik itu untuk menandai musuh, maupun informasi mengenai energy yg tersedia. Nah, Teknologi itu sudah diterapakan dinegara-negara maju pada bidang militer. Dimana pada helm tentara yang dilengkapi dengan sebuah layar  transparan yang dilengkapi dengan module AR untuk mendeteksi pergerakan lawan di jarak jauh baik itu musuh prajurit lainnya, maupun pesawat terbang sekalipun. Teknologi ini dinamakan Advanced Pattern Rcognizing, yang merupakan implementasi dari teknologi Augmented Reality.

Sekali lagi saya tersenyum.

“Siapa bilang kacamata pengukur tenaga milik Bangsa Seiya di Dragon Ball Cuma mitos?”

Selain itu, salah satu metode yang sudah diterapkan di Indonesia yaitu Pattern Recognizing dimana dimana pemrograman yang dilakukan adalah melakukan pemrosesan data gambar yang diterima oleh kamera input (webcam atau sejenisnya) membaca pola – pola yang ada di dunia nyata. Salah satu contohnya diterapkan oleh perusahaan Teh Celup Sosro. Augmented Reality Packaging adalah sebuah usaha yang dilakukan Teh Celup Sosro untuk membuat pelanggannya lebih memanfaatkan kotak pembungkus Teh Celup Sosro Heritage (Black Tea, Jasmine, dan Green Tea) yang kini tampil baru. Anda harus memiliki sebuah komputer berkamera untuk mencoba program ini. Pertama, unduh piranti lunak dari situs Teh Celup Sosro, lalu klik hingga aplikasi tadi terbuka. Anda akan melihat bahwa kamera komputer Anda langsung menyala. Dekatkan kotak pembungkus ke kamera, maka Anda akan melihat sebuah penampilan 3D di komputer Anda, seperti pertunjukan boneka hidup. Augmented Reality juga digunakan oleh perusahaan Kompas dan LA. Lights baik tiu sebagai media edukasi, presentasi prototype, informasi lokasi dan lain-lain. Dibawah ini merupakan video Augmented Reality dari perusahaan teh celup sosro

Sungguh Dasyhat bukan perkembangan teknologi pada masa sekarang ini?? perkembangan nya bahkan sampai di luar batas kewajaran. Seperti  perkataan Carl Jung (salah satu psikologi dari Swiss) pernah mengatakan

“Your Perception is Your Projection”

 mempunyai makna, apa yang digambarkan oleh alam pikiran kita terutama alam bawah sadar  merupakan proyeksi yang akan terwujud dimasa depan. Hal ini memungkinkan apa yang telah digambarkan pada film Iron Man, suatu saat dikemudian hari entah tahun depan atau 10 tahun kedepan teknologi tersebut akan terealisasi.

Menurut saya, masa depan nanti  akan sangat seru! Bagaimana menurut Anda?

(Video Teknologi Kinect augmented Reality, Masa depan sebuah Game)

Referensi

(Video Virtual Reality )

(Video Augmened Reality )

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi. Bookmark the permalink.

4 Responses to Virtual Reality and Augmented Reality, the future of technology

  1. Maha Dwija says:

    Penjelasan yang sangat dekat dengan kehidupan kita🙂
    Ini berarti penulisnya sangat paham dengan materi Virtual Reality dan Augmented Reality
    Terus Berkarya kawan !

  2. ANGGA says:

    trims linknya,, keep blogging . . .

  3. Pingback: Virtual Reality | Baguspermady's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s