PERANCANGAN ERGONOMIS STASIUN KERJA

Oleh 2507100071

Ergonomi berasal dari bahasa yunani yaitu Ergon yang berarti kerja dan Nomos yang berarti aturan/hukum. Jadi ergonomi dapat diartikan sebagai hukum dalam bekerja. Secara umum ergonomi didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu yang statis untuk memanfaatkan informasi mengenai sifat, kemampuan, dan keterbatasan manusia dalam merancang suatu sietem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan dari pekerjaan itu, dengan efektif, sehat, nyaman, dan efisien. Tidak hanya berhubungan dengan alat, ergonomi juga mencakup pengkajian interaksi antara manusia dengan unsur sistem kerja lain, yaitu bahan dan lingkungan, bahkan juga metoda dan organisasi. (Sutalaksana, 2006).

Ergonomi juga dapat diterapkan pada stasiun kerja. Salah satu semboyan ergonomi dari yaitu fitting the task to the man dapat diaplikasikan pada tempat dan lingkungan dimana manusia tersebut bekerja. Berikut ini adalah sesuatu yang berada di area kerja yang dapat diatur untuk menyesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan manusia yaitu kursi, meja, komputer, pencahayaan, suhu, dan lay out. Yang menjadi pembahasan kali ini adalah kursi yang cocok digunakan pada stasiun kerja. Cocok disini adalah sesuai dengan ergonomi yang mana ketika digunakan dapat mempertahankan posisi tubuh dengan baik untuk jangka waktu yang lama, mengurangi beban capek pada punggung, dan membantu untuk tetap nyaman dalam melaksanakan pekerjaan. Untuk memilih kursi yang ergonomis maka dapat menggunakan pedoman kriteria sebagai berikut :

  1. Model kursi = selera

Sebelum memilih kursi yang ergonomis, tentukan dulu modelnya. Model dari kursi ergonomis yang umum adalah swivel chair, namun ada juga model kneeling chair dan saddle chair.

  • Swivel chair

Swivel chair adalah salah satu tipe kursi dimana kursi ini memiliki roda yang berada pada dasar kursi yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan kursi disekitar area kerja tanpa perlu berpindah dari kursi tersebut.

Swivel chair

(sumber : http://www.wikipedia.com)

  • Kneeling chair

Kneeling chair adalah salah satu tipe kursi dimana kursi ini digunakan untuk duduk dalam posisi dengan paha turun ke sudut 60 sampai dengan 70 derajat dari arah vertikal (posisi duduk normal adalah sudut paha membentuk 90 derajat). Berat dari tubuh ditopang oleh tulang kering maupun lutut dari penggunanya.

 

Kneeling chair

(sumber : http://www.wikipedia.com)

  • Saddle chair

Saddle chair merupakan salah satu tipe kursi dimana kursi berbentuk mirip dengan pelana kuda dan tidak memiliki sandaran punggung layaknya kursi biasa tetapi dilengkapi dengan dua dudukan untuk masing-masing kaki dan memiliki silinder gas yang berada pada penyangga kursi yang digunakan untuk mengatur ketinggian tempat duduk.

Saddle chair

(sumber : http://www.wikipedia.com)

  1. Sandaran yang banyak = ergonomis ???

Menentukan seberapa banyak sandaran untuk menopang punggung bagian bawah sangat penting untuk mendapatkan kursi yang ergonomis. Hal ini ditujukan untuk kursi yang memiliki sandaran punggung, bukan kursi alternatif seperti kneeling chair ataupun saddle chair. Untuk penggunaan yang ke
banyakan slouching, maka dibutuhkan sandaran yang banyak untuk mengurangi beban pada punggung bagian bawah. Jika posisi duduk tegak maka sebisa mungkin sandaran dikurangi atau ditiadakan karena akan mengganggu posisi duduk pengguna itu sendiri.

Slouching

(sumber : http://www.wikipedia.com)

  1. Kursi yang adjustable lebih baik daripada yang tidak.

Dengan memiliki kursi yang adjustable, maka pengguna dapat menaikkan dan memiringkan kursi sesuai dengan kebutuhan atau mengubah sudut sandaran untuk menyesuaikan dengan posisi duduk.

  1. Kursi berlengan VS kursi tidak berlengan.

Kursi dengan lengan bertujuan untuk tempat mengistirahatkan lengan pengguna. Namun untuk pengguna yang memiliki pekerjaan aktif maka kursi berlengan malah mengganggu pergerakan dari penggunanya. Untuk pekerjaan seperti sekretaris yang memiliki mobilitas tinggi maka kursi tidak berlengan lebih cocok daripada kursi berlengan. Kursi berlengan biasanya digunakan untuk rapat atau pekerjaan mengetik yang mana bila meja tidak memiliki ruang untuk digunakan sebagai tempat peristirahatan tangan maka lengan pada kursi dapat dimanfaatkan.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to PERANCANGAN ERGONOMIS STASIUN KERJA

  1. joni says:

    Artikel nya bagus banget sob, tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s