Interaksi Manusia-Komputer

Oleh 2507100071

Saat ini kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari komputer. Mulai dari menghitung, berkomunikasi, melakukan pekerjaan kantor, ataupun hanya untuk bermain, hamper semua aktifitas manusia dibantu oleh komputer. Pengertian komputer disini bukan terpaku hanya pada arti komputer yang sempit, yaitu PC (Personal Computer), melainkan komputer dalam arti luasnya, yaitu alat yang dipakai untuk mengolah data.

Alat yang dimaksud tersebut bisa berbentuk dalam berbagai macam rupa. Kalkulator juga bisa dikatagorikan sebagai komputer, yaitu terdapat fungsi mengolah data hitung menghitung. Meskipun komponen dan bentuk kalkulator tidak serumit dengan PC yang ada, namun alat bantu hitung tersebut juga disebut komputer. Handphone yang dimiliki oleh hampir semua orang juga termasuk jenis komputer, terdapat fungsi mengolah data dalam handphone, yaitu text dan suara, bahkan bisa berfungsi selayaknya mini PC untuk handphone yang masuk katagori smartphone.

Kembali lagi kepada kalimat awal pada artikel ini, yaitu kalimat “Saat ini kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari komputer”. Untuk menghitung, manusia memakai kalkulator, untuk berkomunikasi manusia menggunakan telepon atau handphone, untuk mengetik dokumen manusia menggunakan komputer PC, dan masih banyak hal lainnya yang harus dibantu dengan komputer. Karena tidak dapat dipisahkan dari komputer, maka jalan yang harus ditempuh manusia dan komputer adalah dengan saling mendekat. Bagaimana caranya? Dengan jembatan jawabannya. Bukan jembatan dalam bentuk fisik yang sesungguhnya seperti jembatan penyebrangan jalan atau jembatan lain, jembatan disini maksudnya dalah jalan yang bisa membuat komputer dan manusia bisa saling mengerti satu sama lain.

Semakin baik jembatan antara manusia dan komputer, maka kesalahan yang terjadi bisa diminimalisasi. Jembatan yang dimaksud disini biasa dikenal juga dengan sebutan interface. Contoh dari fungsi interface atau jembatan yang baik adalah interface dari kalkulator non-scientific, kalkulator tersebit biasanya hanya terdapat tombol-tombol angka dan fungsi-fungsi hitung standar. Orang yang menggunakan kalkulator tersebut tidak perlu bingung menginputkan angka yang mereka masukkan.

Saat ini sudah terdapat studi khusus mengenai jembatan atau interface yang menghubungkan atara manusia dan komputer yang dikenal dengan HCI. HCI merupakan singkatan dari Human Computer Interaction. HCI melibatkan studi, perencanaan, dan desain dari interaksi antara orang-orang (user) dan komputer. Tujuan utama dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency).

HCI yang baik adalah HCI yang user friendly dan usabilitynya tinggi. User friendly adalah kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula. Atau dengan kata lain user friendly artinya memudahkan pengguna untuk menggunakan komputer tersebut, contohnya saja penerapan keyboard qwerty pada handphone. Sedangkan Usability merupakan kemampuan komputer untuk digunakan dengan tepat dan presisi, maksudnya disini adalah ketepatan interface yang ada. Contohnya saja adalah tombol yang kecil-kecil dapat mengurangi usability yang ada karena user cenderung susah menekannya karena kecil.

Aplikasi dari HCI bisa diterapkan di berbagai macam tempat, di perkantoran, di dalam kendaraan, di gadget-gadget, dan dimana saja selama terdapat komputer. Di perkantoran misalnya HCI banyak diterapkan dalam penggunaan PC, atau dalam lift, intercom, dan lain-lain. Pada kendaraan contohnya saja interface yang berada di depan supir, kemudahan menggunakan fungsi-fungsi yang ada seperti wiper, lampu sen, GPS, dan lainnya merupakan bagian dari HCI. HCI memudahkan komputer untuk lebih memahami manusia dan manusia pun lebih memahami komputer.

Gambar 1 diagram yang menunjukkan bidang studi yang mempengaruhi perkembangan HCI

Gambar 1 menunjukkan beberapa bidang studi yang mempengaruhi perkembangan dari HCI, contohnya seperti Artificial Intellegence yang membantu komputer untuk memahami dan merespon bahasa yang disampaikan manusia kepada komputer. Semakin berkembang bidang-bidang studi tersebut maka HCI yang diterapkan seharusnya akan semakin baik.

Gambar 2 Contoh sederhana penerapan HCI

Gambar 2 diatas menunjukkan penerapan HCI yang sederhana pada elevator, namun bisa berdampak lebih baik. Gambar yang diatas, yang terdapat angka-angka lebih baik daripada gambar yang dibawah. Mengapa? karena ukuran tombol pada gambar sebelah atas tidak sama dengan keterangan angka yang ada sehingga user tidak salah menekan angka yang menunjukkan keterangan dari tombol di sebelahnya, sedangkan gambar bagian bawah tidak begitu baik karena antara keterangan gambar dan tombol fungsi disebelahnya berukuran sama dan berdekatan sehingga user punya kecenderungan yang tinggi untuk menekan gambar, bukannya tombol yang sebenarnya.

Video Gambaran Penerapan HCI

Terdapat beberapa video menarik yang bisa dilihat di internet mengenai HCI, salah satu video yang menurut saya menarik bisa anda buka diatas. Video pada tersebut merupakan gambaran betapa manusia di masa sekarang maupun yang akan datang tidak bisa dilepas dari komputer serta interaksi antara manusia dan komputer akan semakin mudah dan sederhana. Dalam video tersebut terdapat beberapa adegan yang interaksi antar manusia dan komputer tidak dilakukan dengan sentuhan, melainan hanya dengan suara. Hal tersebut menunjukkan interaksi manusia dan komputer kedepannya menjadi semudah berinteraksi dengan sesama manusia.

Bagi anda yang suka menggunakan internet dan tertarik dengan bidang HCI ini, silahkan klik link http://hci-design.blogspot.com/. Pada blog tersebut dibahas mengenai banyak penerapan HCI yang simpel ataupun yang rumit yang dibahas dengan detail. Blog tersebut khusus membahas mengenai aplikasi desain-desain HCI yang ada. Terdapat banyak ide-ide simpel tetapi tetap menarik dan mudah diterapkan.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s