Perancangan Kerja untuk Komputer Dengan Prinsip-Prinsip Ergonomi.

2507100122

Perancangan Kerja Untuk Komputer Dengan Prinsip-Prinsip Ergonomi.

Saat ini jika dipikir perkembangan teknologinya bukan cepat lagi tetapi luar biasa cepat. Sebagai contoh handphone, yang awal mulanya adalah sebuah peralatan yang hanya digunakan untuk komunikasi saja sekarang bahkan dapat digunakan untuk bermacam-macam fungsi seperti internet, GPS, dll. Tidak hanya handphone saja yang cepat perkembangannya komputer saat ini juga salah satu teknologi yang perkembangannya sangat cepat bahkan saat ini dunia kerja diwajibkan untuk menguasai yang namanya komputer. Bahkan untuk pegawai atau karyawan yang sudah tua pun diwajibkan untuk menguasai komputer, karena jika tidak maka pegawai tersebut akan segera digantikan dengan yang baru, yang lebih fresh atau bahkan lebih berkompeten. Oleh karena itu komputer saat ini wajib dikuasai, tidak hanya orang yang bekerja pada perusahaan saja tetapi semua orang wajib mengerti tentang komputer itu sendiri. Ya paling tidak mengetahui minimal cara mengoperasikan software-software basic dari komputer itu sendiri seperti microsoft office word dan microsoft office excel.

Komputer merupakan suatu teknologi yang dibuat untuk membantu kebutuhan manusia tidak hanya dalam menulis tetapi juga kebutuhan lainnya seperti membantu kita untuk menghitung, presentasi, internet, dan berbagai macam fasilitas lainnya.  Kata komputer sendiri berasal dari kata computer yang artinya dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Kebutuhan untuk memakai komputer saat ini memang sangat “ekstrim”. Bisa dibayangkan pekerja yang mulai bekerja dari pukul 8 harus duduk di depan komputer hingga pukul 5 sore. jika pekerjaan tersebut dilakukan tanpa adanya suatu assesment ataupun pengaturan terhadap tempat kerjanya yang harus berhadapan dengan komputer maka bisa dipastikan akan timbul suatu cedera-cedera yang tidak diinginkan seperti sakit leher, sakit punggung, atau bahkan pusing karena intensitas cahaya dari komputer tersebut. Oleh karena itu sangat perlu dilakukan sebuah pengaturan terhadap tata letak dari komputer maupun dari user yang menggunakannya dengan menggunakan prinsip-prinsip ergonomi.

Apa pengertian dari ergonomi itu sendiri? Ergonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari antara manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan yang dilakukan (Sritomo, 2000). Dengan mengetahui pengertian dari ergonomi itu sendiri maka dapat kita ketahui bahwa ilmu ergonomi itu sendiri merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari keterbatasan dari manusia itu sendiri dengan dalam berinteraksi dengan produk ataupun pekerjaan yang dilakukan. Oleh karena itu sifat dari ergonomi itu sendiri sangatlah kompleks atau bisa dikatakan ilmu yang multi disiplin karena mempelajari dari kejiwaan, kemasyarakatan, dan juga kehayatan.

Dalam perancangan kerja untuk komputer sendiri membutuhkan suatu antropometri dari manusia itu sendiri. Antropometri merupakan suatu pengukuran dimensi untuk tubuh manusia itu sendiri. Jadi yang akan diukur antropometrinya dari tubuh manusia itu sendiri adalah mulai dari bentuk, ukuran (tinggi dan lebar),  berat, dll (Sritomo,2000). Jadi dengan ilmu antroponomi tersebut kita dapat menemukan bentuk, dimensi yang tepat dari manusia tersebut berkaitan dengan produk yang akan dirancang ataupun manusia yang akan menggunakan dan juga mengoperasikan produk tersebut.

Dalam pengukuran untuk layout kerja terutama komputer dapat bermacam-macam dan membutuhkan prinsip-prinsip ergonomi. Prinsip tersebut diantaranya:

  • Posisi tempat duduk untuk pengguna atau user yang memakai komputer tersebut apakah sudah sejajar dengan layar komputer. Posisi untuk duduk tersebut harus 90o dengan user atau penggunanya, karena jika tidak dikhawatirkan akan muncul berbagai macam cedera yang muncul seperti cedera leher, cedera punggung, cedera bahu, dll. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah posisi yang tepat seperti apa untuk posisi duduk yang tepat dalam memakai komputer.

Gambar 1. Posisi duduk yang sejajar dengan komputer

Dengan melihat gambar diatas dapat diketahui bahwa posisi duduk tersebut harus sejajar dengan komputer dan jarak pandangan dari mata ke layar harus berada diantara 46 hingga 47 cm dengan batas sudut antara 0 – 15 derajat.

  • Pengukuran lainnya adalah seperti jarak antara CPU dengan user ketika menghidupkan komputer tersebut tidak boleh terlalu jauh atau mudah dijangkau oleh user itu sendiri ketika menghidupkannya.

Gambar 2. Jarak CPU dengan user

Seperti yang terlihat pada gambar diatas dijelaskan bahwa jarak antara CPU dengan user ini sendiri tidak terlalu jauh agar si user tersebut tidak perlu mengeluarkan effort yang lebih ketika menghidupkan komputer karena dengan begitu energi yang dikeluarkan oleh user komputer tersebut lebih berfokus pada pekerjaannya.

  • Prinsip ergonomi selanjutnya  adalah jarak antara keyboard dan mouse tersebut dengan user harus berdekatan atau bisa dikatakan tidak membutuhkan effort yang lebih. Karena keyboard dan mouse merupakan salah satu perangkat yang paling sering digunakan untuk bekerja sehingga dapat dikatakan bahwa keyboard dan mouse merupakan salah satu perangkat kritis yang perlu diperhatikan terutama dalam jarak.

Gambar 3. Jarak keyboard dan mouse yang mudah dijangkau

Untuk lebih jelas dan detailnya mengenai prinsip-prinsip tersebut maka akan dijelaskan dalam video yang ada di bawah ini:

Dalam bekerja di kantor ataupun ruangan tertutup,  komputer merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Karena komputer merupakan salah satu media untuk berinteraksi yang sering dipakai terutama dalam bekerja dan manusia dituntut untuk cepat dalam segala sesuatunya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap kantor ataupun ruangan tertutup yang sering menggunakan komputer sebagai media untuk berinteraksi wajib memenuhi persyaratan ergonominya.

Referensi :

  1.                            , Ergonomi, [online] (http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/ergonomi-13/, diakses pada tanggal 20 Desember 2011)
  2. Adams  Chris, Guide to Setting up an Ergonomic Computer Station, [online] (http://ergonomics.about.com/od/office/ss/computer_setup.html, diakses pada tanggal 20 Desember 2011)

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
Video | This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s